Minggu, 15 Januari 2017

Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Veronica Tan: Istri Pejabat yang Super Hebat

Tags





Saya harus jujur mengatakan bahwa saya jarang memuji orang, apalagi memuji istri orang. Tetapi jika saya sudah memuji orang, maka bisa dipastikan bahwa pujian saya itu tulus, bukan modus.

Berkaitan dengan puji-memuji itu, sebenarnya sejak lama saya ingin sekali memuji dua wanita hebat di negeri ini, yaitu Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Veronika Tan. Niat itu sempat saya urungkan selama beberapa waktu sambil melihat apakah penilaian saya terhadap mereka sudah tepat atau belum.

Namun kali ini rasa-rasanya saya tidak bisa lagi menahan diri untuk memuji kedua wanita hebat itu. Saya berpikir bahwa keduanya memang pantas untuk dipuji. Bahkan, setahu saya sudah banyak orang memuji kedua ibu ini.

Kedua wanita itu seolah-olah memberikan pembuktian terhadap ungkapan “Di belakang suami yang sukses, selalu ada istri yang hebat.” Ya, mereka adalah para wanita hebat yang ada di belakang dua pria sukses, yaitu Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Jika kita perhatikan, kehebatan kedua wanita itu bukanlah pada hal-hal yang besar tetapi justru pada hal-hal kecil yang selama ini jarang terjadi pada istri pejabat yang lain. Orang menilai bahwa kehebatan kedua wanita ini terletak pada sikap keseharian mereka yang sederhana, apa adanya, dan rendah hati. Saya berpikir bahwa saya harus mengamini penilaian itu.

Kita harus mengakui bahwa mereka jarang sekali tampil di publik, apabila tampil di publik pun mereka tidak banyak berbicara, juga tidak terlalu berusaha mencuri perhatian orang. Mereka tetap tenang, seolah-olah mereka seperti masyarakat biasa pada umumnya.

Mungkin agak lebay jika saya mengatakan bahwa kedua ibu ini terlalu baik. Tetapi begitulah. Mereka memang pantas untuk menerima penilaian yang lebay itu. Dari sekian banyak hal positif yang bisa ditemukan pada kedua ibu ini, saya menemukan satu hal yang menurut saya cukup mencolok dari keduanya, yaitu bahwa mereka jarang mencampuri urusan suami. Mereka sepertinya tahu diri bahwa yang menjadi pejabat negara adalah suami mereka, bukan mereka. Makanya, ketika suami mereka difitnah habis-habisan oleh para haters, mereka tenang-tenang saja. Hampir tidak ada reaksi kemarahan pada mereka. Sekurang-kurangnya mereka tidak memposting kemarahan mereka di media sosial.


Kita mungkin penasaran, “Apakah mereka tidak marah ketika suami mereka dibully orang di media sosial?” Saya yakin mereka pasti marah. Istri mana di dunia ini yang tidak marah ketika melihat suaminya difitnah orang? Hampir tidak ada. Begitu juga dengan kedua ibu ini. Tetapi bedanya, mereka tahu menempatkan diri. Mereka paham betul apa artinya menjadi pejabat dan menjadi istri pejabat. Mereka juga tahu resikonya menjadi pejabat dan menjadi istri pejabat. Makanya, mereka tidak gubris terhadap para haters yang mem-bully suami mereka.

Seperti kita ketahui bahwa Pak Jokowi sudah sering menerima tuduhan dan fitnahan yang keji dari orang-orang yang membencinya, terutama sejak beliau mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia. Ibu Iriana pun tahu akan hal itu, tetapi apakah dia pernah marah-marah di media sosial? Belum pernah sekalipun atau saya berharap tidak akan pernah terjadi seperti itu. Jangan ya, Bu. Jangan ikut yang di sebelah. Hehehe.

Ahok pun sama. Ia menerima sejuta ujaran kebencian dan caci maki dari sekelompok orang, terutama setelah peristiwa dugaan penistaan terhadap Alquran yang dituduhkan kepadanya. Sebagai seorang istri, apakah Ibu Veronica tidak marah terhadap orang-orang itu? Saya yakin dia marah. Tetapi dia tetap menahan amarahnya sehingga kita belum pernah membaca ekspresi marahnya di media sosial. Mudah-mudahan ke depannya juga seperti itu. Jangan mengintip ke sebelah ya, Bu. Pertahankan apa yang Ibu sudah lakukan selama ini. Itu sudah bagus.

Kita semua berharap agar kiranya kedua wanita hebat ini patut dicontoh oleh para istri pejabat di seluruh Indonesia. Jarang ada istri pejabat seperti mereka di negeri ini. Mereka ini termasuk limited edition. Semoga mereka bisa menjadi inspirasi bagi banyak perempuan di negeri ini.



Selengkapnya: https://seword.com/motivasi/ibu-iriana-joko-widodo-dan-ibu-veronica-tan-istri-pejabat-yang-super-hebat/

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon