Senin, 16 Januari 2017

Anies Baswedan Pejabat Yang Dipecat Presiden



Foto meme sekilas kisah tiga kandidat calon gubernur DKI Jakarta ramai di jejaring sosial twitter. Adalah calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok bertuliskan ‘sering pecat pejabat korup. Anies Baswedan ‘pejabat yang dipecat presiden. Agus Yudhoyono ‘mecat diri sendiri agar jadi pejabat’.

Sekilas kisah Pilgub DKI ala mukidi ini pertama kali diunggah oleh akun @digembok dan direetwed sebanyak 350. Seperti diketahui, Ahok dikenal gubernur yang tegas dan berani memecat langsung bawahannya yang ketahuan korupsi.

Dua tahun menjadi Gubernur DKI Jakarta, Ahok memecat sebanyak 120 pegawai negeri sipil (PNS). Sedangkan sekitar 2.500 pejabat sudah distafkan selama setahun masa jabatannya. Pejabat yang dipecat antara lain karena pungli, korupsi dan bolos kerja.

Sementara itu, sekitar 30 PNS lagi yang dalam proses pemecatan. Basuki tidak mentolerir jika ada PNS yang menerima suap. pemecatan PNS sudah sesuai dengan Undang-undang nomor 5 tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di foto meme Anies Baswedan bertuliskan pejabat yang dipecat presiden. Langkah Presiden Jokowi mencopot Anies Baswedan dari jabatan menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) membuat publik terhenyak. Terlebih, Anies telah membuat sejumlah terobosan selama menjadi menteri.

Anies telah gagal mendistribusikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang anggarannya triliunan rupiah. Apalagi Jokowi setiap blusukan ke daerah selalu mengecek realisasi KIP, Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Di lapangan realisasi KIS dan KKS memang baik. Sedangkan realisasi KIP masih minim.

Setelah tidak menjabat sebagai menteri, Anies mencari peruntungan politik lewat pencalonan dirinya sebagai gubernur DKI berpasangan dengan Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera.

Sementara itu, Agus Yudhoyono yang berkarir di militer tiba-tiba saja mengundurkan diri alias memecat diri sendiri untuk maju sebagai pencalonan gubernur DKI Jakarta. Agus merupakan putra pertama dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Pria kelahiran 10 Agustus 1978 itu merupakan peraih Adhi Makayasa pada Akademi Militer tahun 2000.

Sebagai perwira menengah di TNI AD dengan pangkat Mayor Infanteri, Agus diketahui mengantongi tiga gelar master, yaitu Master Kajian Strategi dari S Rajaratam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapore (2006).

Selain moncer di Akmil, Agus juga menjadi lulusan terbaik di sejumlah sekolah militer, seperti Kursus Dasar Petugas Infanteri (2001), Kursus Intelejen Tempur (2001), Kursus Petugas Operasi Batalyon (2004) – Lulusan Terbaik, dan Kursus Manuver Karir Kapten, Fort Benning (2011).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, surat pengunduran diri Mayor TNI (Inf) Agus Harimurti Yudhoyono telah diterima oleh Kepala Staf Angkatan Darat dengan tembusan kepada Panglima.

Seiring adanya surat pengunduran diri itu, maka akan dipersiapkan surat pemberhentian Agus secara hormat.”Karena mengundurkan diri, maka diberhentikan secara hormat,” ujar Gatot di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. NRL



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon