Selasa, 14 Februari 2017

Antasari Azhar: Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) Terlibat Dalam Kasus Pengadaan IT KPU Tahun 2009 Lalu







Merdeka.com - Antasari Azhar mengungkap keluarga Cikeas terlibat dalam sejumlah kasus yang membelit dirinya selama menjabat sebagai Ketua KPK. Selain nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Antasari juga seret nama anak SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dalam kasus pengadaan IT KPU tahun 2009 lalu.

Namanya disebut, Ibas pun tak tinggal diam. Meski tak langsung membantah tudingan Antasari, Ibas meminta masyarakat jangan larut terhadap hal-hal yang menyesatkan dan mengarah ke fitnah.

"Wahai rakyatku dan saudara-saudaraku. Janganlah kita larut dalam demokrasi yang menyesatkan (fitnah). Masih banyak cara yang lebih ksatria menuju satu tujuan," tulis Ibas dalam akun Twitternya, @Edhie_Baskoro dikutip merdeka.com, Selasa (14/2).

Sebelumnya, Antasari menyebutkan, pada 2009 ada laporan tentang dugaan korupsi pengadaan IT di KPU. Bahkan, kata dia, laporan tersebut melibatkan Ibas.

"Yang mengadakan alat IT KPU itu salah satu putra SBY, Ibas pengadaan IT KPU," kata Antasari saat wawancara ekslusif dengan Metro TV dikutip merdeka.com, Selasa (14/2).

Antasari menceritakan, dugaan keterlibatan Ibas itu berupa laporan ke KPK. Dia tak menyebutkan siapa yang melaporkan itu. Antasari pun hendak mengusut kasus itu, sayang dia sudah lebih dulu ditangkap karena terlibat kasus pembunuhan Nasruddin Zulkarnain, yang disebutnya kasus ini bentuk kriminalisasi SBY.

"Informasi masuk ke kita seperti itu, kita telusuri, tetapi belum sampai ke sana, saya sudah masuk duluan," jelas dia sembari menjelaskan saat ingin mengusut kasus ini, penghitungan Pileg 2009 sedang berlangsung.

Antasari menyebutkan, saat itu dirinya mengirim Wakil Ketua KPK, Haryono Umar untuk bertanya kepada KPU. Menurut Antasari, IT KPU memang kerap bermasalah, sehingga diputuskan untuk digrounded.

"Kita masih penyelidikan pengumpulan data, makanya saya utus Pak Haryono ke KPU, kita masih pengumpulan data, kan asumsi timbul apa dibeli alat rusak, kenapa digrounded alat belinya apa sudah rekayasa sehingga hitung eror terus," terang dia. [rnd]



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon